Selasa, 03 Februari 2015

Apa Itu Meditasi

Meskipun sudah dikenal luas, sekarang ini sangat sedikit dari kita yang mengetahui apa itu meditasi.
Beberapa orang beranggapan bahwa meditasi adalah konsentasi mental pada sesuatu, sedangkan yang lain beranggapan bahwa kita sedang bermeditasi ketika kita membayangkan sesuatu yang memberikan kedamaian atau kepuasan. Seluruh metode ini memiliki satu tujuan untuk memperlambat dan, nanti pada akhirnya menghentikan aktivitas yang terus-menerus pada pikiran kita. Latihan-latihan ini bukanlah meditasi yang sesungguhnya - mereka adalah pengganti meditasi karena pada umumnya sangat sulit untuk menghentikan seluruh pikiran bersamaan. Dalam kenyataannya, meditasi adalah sebuah keadaan kesadaran yang tidak dipikirkan. Meditasi bukanlah sebuah tindakan melakukan - meditasi adalah keadaan kesadaran. Kita bisa ada di dalam keadaan seperti ini ataupun tidak, tanpa memperhatikan apa yang kita lakukan dalam hidup. Sesungguhnya, seseorang bisa berada dalam meditasi saat sedang melakukan pekerjaan sedangkan orang lain bisa saja jauh dari keadaan meditasi ketika sedang duduk dengan postur bunga lotus di puncak gunung.

Ketika kita kembali lagi melihat berbagai macam penjelasan tentang meditasi, hal lain yang kita sering lihat adalah meditasi didefinisikan sebagai sebuah keadaan duduk dengan tenang atau merenung. Meditasi yang sesungguhnya, sebenarnya lebih dari sekedar hal itu. Meditasi adalah keadaan mendalam, damai yang mendalam yang terjadi ketika pikiran tenang dan diam tetapi tetap terjaga. Ini baru sebuah permulaan dari sebuah transformasi di dalam yang membawa kita ke tingkat yang lebih tinggi dari kesadaran. Meditasi memungkinkan kita untuk mencapai potensi manusia yang sesungguhnya. Masalahnya adalah bagaimana mencapai keadaan ini.

Meditasi Bukanlah.....

Konsentrasi

Konsentrasi adalah sebuah usaha untuk memperbaiki perhatian pada objek tertentu atau ide tertentu untuk beberapa saat. Teknik yang digunakan di dalam visualisasi adalah salah satu bentuk konsentrasi.

Kehilangan kendali
Suara, warna-warna dan pergerakan-pergerakan yang disengaja tidak ada hubungannya dengan meditasi atau spiritualitas. Hal-hal tersebut adalah gejala dari kehilangan kesadaran dan kehilangan kendali dari beberapa bagian tubuh.

Latihan
Latihan-latihan, seperti posisi tubuh dan pernafasan, bukan merupakan meditasi. Latihan tersebut mungkin membantu menciptakan beberapa keseimbangan jika di bawah pengarahan guru yang benar. Latihan tanpa tujuan spiritual yang sesungguhnya hanya akan membawa ke pada ketidakseimbangan pada saluran kanan.

Usaha Mental
Kesadaran yang tidak dipikirkan dicapai melalui "meningkatkan Kundalini". Untuk menghilangkan penutupan yang mencegah pendakiannya, kita menggunakan tangan-tangan dan intropeksi tetapi tidak pernah usaha mental (contohnya pengulangan berkelanjutan dari "saya harus berhenti berpikir").

Mengapa Meditasi?

Meditasi dilihat oleh berbagai peneliti sebagai salah satu bentuk potensial paling efektif dari pengurangan stress. Sementara teknik pengurangan stress telah dilatih dan dipelajari di dunia barat untuk sekitar 70 tahun lamanya, data-data mengindikasikan bahwa hal tersebut tidaklah efektif.

Meditasi bagaimanapun juga, telah dikembangkan oleh kebudayaan timur dan memiliki sebuah sejarah yang didokumentasikan lebih dari beberapa ribu tahun. Cara medis dunia timur telah dikembangkan, dicoba dan disaring lebih dari ratusan generasi dengan perhatian spesifik dalam mengembangkan sebuah cara agar orang awam dapat meraih keadaan kedamaian mental dan ketenangan seperti lepas dari stress. Ini merupakan sebuah strategi yang dapat secara mudah diadaptasi untuk kebutuhan pengobatan dan pasien di dunia barat.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat contohnya, menunjukkan bahwa kursus singkat strategi modifikasi kebiasaan yang meliputi meditasi menghasilkan kunjungan dokter yang lebih sedikit secara signifikan selama 6 bulan. Uang yang bisa dihemat setiap pasien adalah sebesar US$200. Sebuah penelitian tentang statistik asuransi menunjukkan bahwa penggunaan perawatan medis secara signifikan berkurang.

Beberapa hal tentang meditasi

Meditasi dapat berupa sebuah bentuk efektif dari pengurangan stres dan memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi biaya pengobatan. 

Meditasi mudah dilakukan dan membawa kita kepada sebuah keadaan 'kesadaran yang tidak dipikirkan' dimana stress yang berlebihan menghasilkan aktivitas di dalam pikiran dinetralkan tanpa mengurangi kewaspadaan dan efektifitas.

Meditasi yang asli membuat fokus pada keadaan saat ini (present) daripada memikirkan masa lalu yang tidak dapat dirubah atau masa depan yang belum ditentukan.

Ada sedikit bukti berkualitas yang membandingkan satu teknik meditasi dengan teknik meditasi lain atau meditasi dengan teknik relaksasi.

Penjelasan teoritis untuk efek dari meditasi dan teknik relaksasi adalah pelepasan dari katekolamin dan hormon stress lain berkurang dan aktifitas parasimpatik meningkat.