Jumat, 30 Januari 2015

Cakra dan Tubuh Anda

Cakra adalah sistem tujuh pusat energi yang terletak di sepanjang tulang punggung, mulai dari perineum hingga puncak kepala Anda. Ketujuh titik energi ini adalah ekosistem energi tubuh Anda, terkait dengan banyak fungsi fisiologis. Setiap Cakra divisualisasikan melalui sebuah bunga dengan jumlah kelopak bunga dan warna yang berbeda, dan kerap dikaitkan dengan suara yang juga dikenal sebagai mantra.

Ketujuh Cakra ini yaitu:

  • Cakra Sahasrara atau Mahkota, posisi ada di puncak kepala dan merupakan elemen dari pikiran. Sasaran dari Cakra ini adalah identitas universal, berorientasi pada pengetahuan diri, spiritualitas, segalanya yang berkaitan dengan kesadaran sebagai kesadaran murni.
  • Cakra Ajna atau Mata Ketiga, posisi di antara alis dan merupakan elemen dari cahaya. Sasaran dari Cakra ini adalah identitas ideal, berorientasi pada refleksi diri, membuat kita dapat melihat dengan jelas, baik secara fisik maupun intuitif.
  • Cakra Vishuddha atau Tenggorokan, posisi di cekungan tenggorokan dan merupakan elemen dari suara. Sasaran dari Cakra ini adalah identitas kreatif, berorientasi pada ekspresi diri, komunikasi.
  • Cakra Anahata atau Jantung, posisi ada di tengah dada dan merupakan elemen dari udara. Sasaran dari Cakra ini adalah identitas sosial, berorientasi pada penerimaan diri. Cakra keempat yang sehat membuat kita memiliki perasaan damai yang mendalam dan keselarasan dengan pikiran dan tubuh yang sehat.
  • Cakra Manipura atau Solar Plexus, posisi ada di atas pusar (Solar Plexus) dan merupakan elemen dari api. Sasaran dari Cakra ini adalah identitas ego, berorientasi pada identitas diri, kekuatan, cakra ini memberi kita energi, efektivitas, spontanitas, dan kekuatan yang tidak mendominasi.
  • Cakra Svadhisthana atau Tulang Kelangkang (Sacral), posisi ada di bawah pusar, dan merupakan elemen dari air. Sasaran dari Cakra ini adalah identitas emosional, berorientasi pada kepuasan diri. Cakra ini memberi kita keluwesan, keanggunan dan kemampuan menerima perubahan.
  • Cakra Muladhara atau Akar, posisi ada di dasar tulang punggung,dan merupakan elemen dari tanah. Sasaran dari Cakra ini adalah identitas fisik, berorientasi pada pertahanan hidup. Cakra ini membentuk fondasi kita dan memberi kita kesehatan, kemakmuran, keamanan, dan keberadaan yang dinamis.